Rabu, 22 Juli 2020

7 Jenis Olahraga Yang Paling Minim Risiko Cedera

Supaya tetap sehat, manusia harus aktif menggerakkan tubuhnya. itu alasannya mengapa banyak orang yang menjalani akftivitas fisik atau olahraga. Ada beragam olahraga yang bisa dijajal, mulai yang santai hingga yang ekstrem. Tapi saat berolahraga, kamu harus siap dengan yang namanya cedera.

Apalagi jika kamu melakukan suatu olahraga secara berlebihan atau ada insiden yang membuat anggota tubuhmu terluka. Tapi tenang, tidak semua olahraga memiliki risiko cedera yang tinggi. Berikut ini daftar olahraga dengan manfaat kesehatan terbaik tapi minim risiko cidera!

7. Bersepeda

Seperti dilansir Pledge Sports, bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan, bisa dilakukan oleh siapa saja, dan tentu minim risiko. Bersepeda bisa membakar kalori dalam jumlah besar. Di sisi lain juga membuat otak bekerja lebih baik serta mendatangkan kebagagiaan. Menurut Dr Aurthur Kramer dari University of Illinois, orang yang rutin bersepeda selama tiga bulan maka volume otaknya tiga tahun lebih muda. Tak heran jika bersepeda tengah jadi tren di masyarakat.

6. Jogging

Sebuah studi di BMJ Open menyimpulkan bahwa jogging erat kaitannya dengan umur panjang serta minim risiko cedera. Sejumlah studi juga menyebut berlari santai sebagai olahraga yang sangat sehat.
Dr. James O’Keefe, seorang ahli jantung dan direktur medis Cardio Health & Wellness Center di Saint Luke’s Mid America Heart Institute mengatakan, jogging sangat mudah dilakukan tapi dampak yang dihasilkan luar biasa. Menurut O'Keefe, olahraga lari di luar ruangan bisa dilakukan sambil menghabiskan waktu dengan orang lain. Jogging sambil bersosialisasi merupakan kombinasi yang sehat, dikutip dari Time.

5. Berlari

Semua orang bisa melakukan olahraga lari sebab tidak butuh proprti apa pun. Orang yang berlari secara teratur saat muda akan mengurangi risiko kerapuhan tulang dan kehilangan otot saat tua. Berlari membuat tulang menjadi lebih kuat karena harus merespons tuntutan fisik. Apalagi olahraga yang satu ini juga minim risiko. Jadi, ayo mulai berlari!

4. Berenang

Berenang sempurna untuk dilakukan segala usia dan level karena bisa membuat tingkat stres jadi rendah, memiliki berat badan yang sehat, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan membentuk otot. Berenang juga bisa dilakukan kapan saja selama tempat tujuanmu itu ada kolam renangnya. Kalau tidak ada kolam renang, laut juga menjadi opsi tempat yang bagus bagimu untuk berenang. Sudah membuat tubuhmu sehat, kamu dapat bonus pemandangan yang indah pula.

3. Tenis

Tenis mampu membakar hingga 600 kalori apabila kamu memainkannya selama satu jam. Hal ini menyebabkan tenis menjadi salah satu kegiatan aerobik terbaik. Dalam olahraga tenis, kamu akan berlari, mengerahkan tenaga untuk mengayunkan raket tenis, dan pivot, lengkap sudah.

Olahraga ini sangat efektif dalam mengembangkan kebugaran dan memperluas kapasitas paru-paru. Tenis juga sangat populer di seluruh dunia sehingga kamu bisa dengan mudah mendapatkan partner untuk bermain tenis.

2. Yoga

Yoga menjadi aktivitas fisik yang minim risiko dan menawarkan banyak manfaat. Namun, yoga harus dilakukan secara benar dan harus di bawah pengawasan, terutama bagi para pemula. Apabila menjalankan yoga, maka kamu baru saja melakukan olahraga yang memiliki kombinasi hebat antara fleksibilitas dan kekuatan.
Seorang ahli bedah ortopedi Dr. Steven Struhl mengungkapkan aspek fleksibilitas sering dilupakan oleh orang-orang yang rajin olahraga. Padahal fleksibilitas ini berperan dalam meningkatkan keseimbangan dan mengurangi kekakuan yang menjadi penyebab utama dari cedera. Praktis, yoga harus masuk ke dalam daftar olahragamu sebagai penyeimbang.

1. Squash

Forbes menyebut squash sebagai olahraga tersehat nomor 1 selama bertahun-tahun. Pasalnya, olahraga ini membakar kalori, meningkatkan kebugaran aerobik, meningkatkan fleksibilitas, mengembangkan kekuatan, dan meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Squash juga menawarkan pemandangan sosial seperti tenis sehingga meningkatkan kesehatan mental.

Itulah beberapa olahraga tersehat yang bisa kamu lakukan. Jangan malas berolahraga demi kesehatan tubuh ya!